Selasa, 02 Agustus 2011

Kupas tuntas kawasaki ninja 250 rr



Engine

Kawasaki Ninja 250R ini menggunakan engine 249cc, 4 stroke, paralel twin, DOHC, 4 valves dan liquid cooled. Compression rationya mencapai 11.6:1. Pengetesan yang dilakukan oleh Cycle World, menghasilkan power sebesar 27HP pada 10600RPM… !!! Torsi maksimum yang dapat diraih adalah 19.11 Nm pada 9800 RPM… !!! Kok kecil…??? Yaagh ini standard… banyak yang masih restricted… !!! Jika telah dilakukan performance tuning… power yang dihasilkan dapat mencapai 40HP… dan RPM mesin dapat digeber sampai 14000RPM… !!! Versi yang ada di Indonesia sama dengan yang ada di US yaitu menggunakan carburator Keihin CVK30. Seperangkat partz untuk tuning performance tinggal comot… Dari exhaust system baik yang full system atau yang slip on… (eg. Yoshimura, Area P, Two brother racing, Nassert Bert etc.), jet kit etc… !!!

Performance Motor

Gimana performancenya neh motor ??? Untuk jarak 1/4 miles dapat ditempuh dalam 15.32 detik dengan kecepatan maksimum sebesar 135 km/h… !!! Menurut gue untuk motor standard udah lumayan bagus… !!! Oh yaa… sekali lagi kecepatan diatas adalah murni.. bukan patokan dari speedometer lho… !!! Akselerasi 0 - 48 km/h ditempuh dalam 2 detik. Sedangkan 0 - 100 km/h ditempuh dalam waktu 7.4 detik… !!! Sedangkan akselerasi 0 - 145 km/h ditempuh dalam waktu 24.8 detik… !!! So dilihat dari sini jelas … Kawasaki Ninja cukup galak ditarikan bawah dan menengah… !!! Top speed kawasaki ninja 250R ini tercatat sebesar 150 km/h… !!! Sebagai perbandingan, dalam keadaan restricted… Cagiva Mito 125 (plus minus… motor 125cc 2 stroke equivalen 250cc 4 stroke red.) … top speed nya cuma 135 km/h… !!!

Kapasitas Tangki dan Berat Motor

Kapasitas tangkinya sekitar 18 liters (4.8 gal)… ini termasuk gede… bahkan lebih besar daripada kapasitas tangki Aprilia RS250 … !!! So sudah kebayang tangki bensinnya kira-kira gedenya sama laaagh dengan Aprilia RS250… !!! Gimana dengan beratnya…. ??? Beratnya sekitar 154 kg… lebih berat ini sedikit dibandingkan dengan Aprilia RS250… !!! So gue nggak heran… jika ada yang nyoba.. dan bilang ke gue… kok gede banget… !!! Yaagh ini adalah standard motor untuk US dan Europe.. jadi nggak ada yang kecil-kecil… !!! Mau dibilang moge… kalau dari bentuknya … yaagh bisa laagh… !!!

Konsumsi BBM

Selanjutnya adalah berapa sih konsumsi bahan bakarnya… ??? Jika dibawa ke luar kota… alias lancar jalannya maka konsumsi bensin mencapai 23 km/liter… !!! Jika dalam keadaan dalam kota plus macet… konsumsi bahan bakarnya menjadi 16 km/liter… !!! Rata-rata konsumsi bahan bakar adalah 19 km/liters… !!! Jika diisi full tank… hasil pengujian rata-rata bisa menempuh jarak 340 km… !!! Yaagh kira-kira Jakarta - Bandung lewat Puncak sekali jalan nggak perlu ngisi… !!!

Braking Distance

Pengujian akan daya pengereman memberikan hasil yaitu : Dari kecepatan 48 km/h jika dilakukan pengereman akan berhenti pada jarak 11.7 meters… !!! Sedangkan pada kecepatan 100 km/h maka akan berhenti pada jarak 47 meterz… !!! Ini hard braking lho… Sebagai perbandingan aza.. Suzuki Bandit 600 pada kecepatan 100 km/h maka akan berhenti pada jarak 45 meterz… !!! So ngeliat hasil pengereman.. menurut gue lumayan laagh… mengingat juga masih single disc 290 dengan dua piston calipers untuk rem depan.. dan single disc 220mm dengan dua piston calipers untuk rem belakang… !!!

Speedometer Error

Teruz gimana dengan Speedometer error yang terjadi .. (well semua motor juga gitu red.). Jika tertera 48 km/h pada speedometer Ninja 250R, maka aktualnya adalah sebesar 46.7 km/h…. !!! Sedangkan jika kecepatannya 100 km/h… maka kecepatan aktualnya adalah 93.5 km/h… !!! Dari sini aza.. gue ngeliatnya … error yang terjadi nggak parah-parah amat… bayangin dengan motor bebek… berapa error yang terjadi pada kecepatan 100 km/h… ???

Suspensi dan jenis Ban

Suspensi depan menggunakan 37mm hydraulic telescopic fork. Brand yang digunakan untuk pasaran Amrik adalah Showa (gue nggak tahu yang ada disini.. red.). Sedangkan suspensi belakang menggunakan single shock adjustable preload, dan menggunakan brand KYB. Ban depan menggunakan ukuran 110/70-17, sedangkan ban belakang menggunakan ukuran 130/70-17. Brand yang digunakan untuk ban adalah Bridgestone Battlax BT-45F untuk ban depan, dan Bridgestone Battlax BT-45R untuk ban belakang… !!! Sekali lagi ini untuk Ninja 250R yang dipasarkan di Amrik… !!! Beberapa situs menyebutkan untuk ban belakang masih bisa dipakai ukuran 140mm… !!!

Kesimpulan

DIlihat dari bentuk / ukuran tangki / berat… Ninja 250R ini sudah mirip-mirip ‘moge’ entry level bahkan sedikit medium level.. !!! Power memang ditujukan pada tarikan bawah dan menengah… !!! Untuk mengupgrade power motor… sudah banyak racing partz yang dijual bebaz… tinggal plug and play… !!! Konsumsi bahan bakar menurut gue standard laagh… untuk engine 250cc 4 stroke.. !!! Remnya juga lumayan… dan
speedometer error nya juga tampak minimal… !!!

sumber : http://www.kanibal-ninja.org/news.php?readmore=11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar