Apa perbedaan ninja 150r dan 150rr 2010 selain fairing ?
padahalkan cuma beda fairing, ko' harga barunya jauh banget ?
Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak
Tidak cuma berbeda dari segi penggunaan fairing. Tapi Ninja 150 RR punya teknologi yang lebih advance dari pada Ninja 150 biasa.
Teknologi itu adalah Super KIPS. Yang kerjanya adalah mengatur pembuangan gas buang yang keluar dari ruang bakar sedemikian hingga membuat peforma lebih baik namun efisiensi lebih tinggi.
Jadi secara teknis, Ninja 150 RR itu lebih bertenaga dari pada Ninja 150 biasa, tapi efisiensi dan konsumsi bahan bakarnya lebih irit.
Terkait, apa itu Super KIPS pada Ninja 150 RR, coba anda baca ulasan di bawah ini :
- - - - - -
Saya kutip dari jawaban saya di pertanyaan "Apa perbedaan mesin ninja kips dan super kips?"
Ditanyakan oleh user "Yassar"
Di link berikut : http://id.answers.yahoo.com/question/ind…
Berikut ulasannya :
"Setahu saya yang ada itu Ninja reguler (tanpa label KIPS ataupun SUPERKIPS) dan Ninja SUPERKIPS.
Jadi tidak ada Ninja yang KIPS saja. Adanya Reguler lalu kemudian SUPERKIPS.
Terlepas dari tipe-tipe Ninja 2-tak yang cukup banyak, kalau tidak salah sekarang ga cuma NInja RR saja yang sudah SUPERKIPS, tapi ada varian Ninja yang tidak berfairing tapi juga sudah dibekali SUPERKIPS (Kalau jaman dahulu cuma Ninja RR saja yang berteknologi SUPERKIPS).
Kalau Ninja reguler, dia kerja mesinnya benar-benar seperti mesin 2-tak konvensional. Yaitu, saat langkah ekspansi terjadi proses pendorongan piston oleh hasil pembakaran sekaligus menghisap campuran bahan bakar, udara, dan oli. Sedangkan saat langkah kompresi, terjadi proses buang gas sisa pembakaran sekaligus mengkompresi campuran bahan bakar, udara, dan oli yang dihisap sebelumnya.
Sedangkan pada Ninja SUPERKIPS, sebenarnya masih sama seperti Ninja reguler, hanya saja ada penambahan teknologi buka tutup saluran gas buang di daerah kepala silinder. Sistem buka tutup tersebut menggunakan plat yang bisa bergeser-geser tergantung putaran dari mesin. Saat putaran mesin rendah, plat tadi akan cenderung menutup laju alir gas buang yang menyebabkan kelemahan motor 2-tak yang banyak sekali sisa bahan bakar yang tidak terbakar ketika putaran mesin rendah menjadi dikembalikan lagi ke ruang bakar untuk kembali dibakar saat proses pembakaran. Sedangkan saat putaran tinggi, mesin 2-tak sudah cukup baik dalam pembakarannya, sehingga plat SUPERKIPS tadi cenderung membuka. Jadi akan terus bergerak sesuai putaran mesin, semakin rendah RPM maka plat tadi akan semakin menutup, sedangkan pada RPM semakin tinggi akan semakin membuka.
Hasil dari kerja SUPERKIPS ini menyebabkan karakter mesin 2-tak yang cenderung tidak efisien menjadi lebih efisien. Yang akan dirasakan oleh pengendara adalah kendaraan akan mumpuni mulai dari putaran bawah hingga atas. Jadi putaran bawah tetap responsif tapi irit bahan bakar, namun ketika sudah putaran tinggi udara diloskan dan memang tujuannya menggapai kecepatan yang optimal serta terbayar konsumsi bahan bakar yang banyak. Kalau tanpa SUPERKIPS motor akan tetap boros mulai dari putaran atas atau bawah, pun tenaga yang dihasilkan tidak sebaik saat sudah menggunakan SUPERKIPS (Karena SUPERKIPS mampu mengendalikan gas buang).
Jadi analoginya gini, pada motor konvensional, anda butuh ganti knalpot yang lebih los pembuangannya untuk menggapai top speed, namun tarikan awal akan kacau. Sedangkan untuk tarikan awal, justru lebih terasa enak menggunakan knalpot yang reguler. Pada SUPERKIPS, hal tersebut dikendalikan secara otomatis, ketika putaran bawah pembuangan akan terasa seperti tertahan sehingga tarikan awal sangat baik, sedangkan pada putaran tinggi pembuangan akan terasa los sehingga penggapaian kecepatan maksimum bisa lebih optimal.
Namun kekurangan dari SUPERKIPS adalah segi perawatannya. Bengkel konvensional biasanya kurang memperhatikan sektor ini, alhasil tidak jarang ada kasus SUPERKIPS menjadi macet dan nyantol. Kalau nyantolnya di posisi buka, maka akan membuat peforma di putaran atas jadi kacau, sebaliknya bila nyantol di posisi buka, maka peforma di putaran bawah jadi kacau. Jadi ada kelebihan tentu saja harus dilakukan perawatan yang lebih advance supaya kelebihan itu tetap terjaga kondisinya."
- - - - -
Karena itulah Ninja 150 RR jauh lebih mahal dari Ninja 150 biasa. Selain harga tersebut terbayar untuk aerodinamika yang lebih baik karena menggunakan fairing, juga terbayar untuk teknologi Super KIPS yang membuat Ninja 150 RR lebih bertenaga namun lebih efisien kerja mesinnya. Ditambah lagi klaim dari Kawasaki bahwa konstruksi dari Ninja 150 RR lebih baik dari pada Ninja 150 reguler, tampilan yang lebih baik (keren), seperti speedometer yang berbeda dan lebih bagus dari pada varian lainnya, sudah double disc-brake, bervelg racing, lalu dari segi dalaman, dll yang membuat memang pantas Ninja RR jauh lebih mahal dari pada Ninja biasa.
Setahu saya demikian, semoga membantu :)
Teknologi itu adalah Super KIPS. Yang kerjanya adalah mengatur pembuangan gas buang yang keluar dari ruang bakar sedemikian hingga membuat peforma lebih baik namun efisiensi lebih tinggi.
Jadi secara teknis, Ninja 150 RR itu lebih bertenaga dari pada Ninja 150 biasa, tapi efisiensi dan konsumsi bahan bakarnya lebih irit.
Terkait, apa itu Super KIPS pada Ninja 150 RR, coba anda baca ulasan di bawah ini :
- - - - - -
Saya kutip dari jawaban saya di pertanyaan "Apa perbedaan mesin ninja kips dan super kips?"
Ditanyakan oleh user "Yassar"
Di link berikut : http://id.answers.yahoo.com/question/ind…
Berikut ulasannya :
"Setahu saya yang ada itu Ninja reguler (tanpa label KIPS ataupun SUPERKIPS) dan Ninja SUPERKIPS.
Jadi tidak ada Ninja yang KIPS saja. Adanya Reguler lalu kemudian SUPERKIPS.
Terlepas dari tipe-tipe Ninja 2-tak yang cukup banyak, kalau tidak salah sekarang ga cuma NInja RR saja yang sudah SUPERKIPS, tapi ada varian Ninja yang tidak berfairing tapi juga sudah dibekali SUPERKIPS (Kalau jaman dahulu cuma Ninja RR saja yang berteknologi SUPERKIPS).
Kalau Ninja reguler, dia kerja mesinnya benar-benar seperti mesin 2-tak konvensional. Yaitu, saat langkah ekspansi terjadi proses pendorongan piston oleh hasil pembakaran sekaligus menghisap campuran bahan bakar, udara, dan oli. Sedangkan saat langkah kompresi, terjadi proses buang gas sisa pembakaran sekaligus mengkompresi campuran bahan bakar, udara, dan oli yang dihisap sebelumnya.
Sedangkan pada Ninja SUPERKIPS, sebenarnya masih sama seperti Ninja reguler, hanya saja ada penambahan teknologi buka tutup saluran gas buang di daerah kepala silinder. Sistem buka tutup tersebut menggunakan plat yang bisa bergeser-geser tergantung putaran dari mesin. Saat putaran mesin rendah, plat tadi akan cenderung menutup laju alir gas buang yang menyebabkan kelemahan motor 2-tak yang banyak sekali sisa bahan bakar yang tidak terbakar ketika putaran mesin rendah menjadi dikembalikan lagi ke ruang bakar untuk kembali dibakar saat proses pembakaran. Sedangkan saat putaran tinggi, mesin 2-tak sudah cukup baik dalam pembakarannya, sehingga plat SUPERKIPS tadi cenderung membuka. Jadi akan terus bergerak sesuai putaran mesin, semakin rendah RPM maka plat tadi akan semakin menutup, sedangkan pada RPM semakin tinggi akan semakin membuka.
Hasil dari kerja SUPERKIPS ini menyebabkan karakter mesin 2-tak yang cenderung tidak efisien menjadi lebih efisien. Yang akan dirasakan oleh pengendara adalah kendaraan akan mumpuni mulai dari putaran bawah hingga atas. Jadi putaran bawah tetap responsif tapi irit bahan bakar, namun ketika sudah putaran tinggi udara diloskan dan memang tujuannya menggapai kecepatan yang optimal serta terbayar konsumsi bahan bakar yang banyak. Kalau tanpa SUPERKIPS motor akan tetap boros mulai dari putaran atas atau bawah, pun tenaga yang dihasilkan tidak sebaik saat sudah menggunakan SUPERKIPS (Karena SUPERKIPS mampu mengendalikan gas buang).
Jadi analoginya gini, pada motor konvensional, anda butuh ganti knalpot yang lebih los pembuangannya untuk menggapai top speed, namun tarikan awal akan kacau. Sedangkan untuk tarikan awal, justru lebih terasa enak menggunakan knalpot yang reguler. Pada SUPERKIPS, hal tersebut dikendalikan secara otomatis, ketika putaran bawah pembuangan akan terasa seperti tertahan sehingga tarikan awal sangat baik, sedangkan pada putaran tinggi pembuangan akan terasa los sehingga penggapaian kecepatan maksimum bisa lebih optimal.
Namun kekurangan dari SUPERKIPS adalah segi perawatannya. Bengkel konvensional biasanya kurang memperhatikan sektor ini, alhasil tidak jarang ada kasus SUPERKIPS menjadi macet dan nyantol. Kalau nyantolnya di posisi buka, maka akan membuat peforma di putaran atas jadi kacau, sebaliknya bila nyantol di posisi buka, maka peforma di putaran bawah jadi kacau. Jadi ada kelebihan tentu saja harus dilakukan perawatan yang lebih advance supaya kelebihan itu tetap terjaga kondisinya."
- - - - -
Karena itulah Ninja 150 RR jauh lebih mahal dari Ninja 150 biasa. Selain harga tersebut terbayar untuk aerodinamika yang lebih baik karena menggunakan fairing, juga terbayar untuk teknologi Super KIPS yang membuat Ninja 150 RR lebih bertenaga namun lebih efisien kerja mesinnya. Ditambah lagi klaim dari Kawasaki bahwa konstruksi dari Ninja 150 RR lebih baik dari pada Ninja 150 reguler, tampilan yang lebih baik (keren), seperti speedometer yang berbeda dan lebih bagus dari pada varian lainnya, sudah double disc-brake, bervelg racing, lalu dari segi dalaman, dll yang membuat memang pantas Ninja RR jauh lebih mahal dari pada Ninja biasa.
Setahu saya demikian, semoga membantu :)
materi referensi:
Website resmi Kawasaki Indonesia : http://www.kawasaki-motor.co.id/Tanggapan terkait jawaban di bawah :
1. Karburator seluruh varian Ninja 150cc 2 tak sekarang menggunakan karburator Mikuni VM 28 semua (jadi tidak ada perbedaan).
2. Rasio kompresi seluruh varian Ninja 150cc 2 tak sekarang 6,8:1 (jadi tidak ada perbedaan).
3. Setelah saya cek ke website resminya, ternyata memang benar bahwa seluruh varian Ninja 150cc 2 tak sudah mengaplikasikan teknologi Super KIPS (Super Kawasaki Integrated Power System). Jadi bisa dikatakan bahwa beda harga Ninja 150 RR dan Ninja 150 biasa ternyata murni dari beda konstruksi rangka, velg, fairing, speedometer, dll. Hal ini sekaligus sebagai ralat jawaban saya di atas yang mengatakan bahwa hanya Ninja RR saja yang menggunakan Super KIPS.
Tidak bisa bro
BalasHapusFu dgn spek 150cc 4tak
RR 150cc 2tak
Kelebihan FU sbg mtr 4 tak adalah DOHC, bobot ringan, kompresi gede, plus ada oil cooler
Oleh karena itu untuk 4 tak dia sudah lbh cepat dari tiger, bahkan CBR 150 jg bkal kewalahan alias dilibas kalau d adu d track pendek
Nah sekarang Ninja RR
Motor 2 tak yg sampai sekarang teknologinya terus d kembangkan
Sudah 2 tak, dilengkapi Super Kips pula. Bener2 mantep soal speed.
Pendinginnya pun sudah memakai radiator air
Jadi kalau FU lawan RR sudah jelas menang RR, apalagi kalau superkips nya ga ngadat. Wah bkal jauh bgt.
Perkiraan gw topspeed mereka kalo pake spido KOSO (d gber ampe mentok bgt)
Satria FU 135kpj
Ninja RR 170kpj
Pernah baca di tabloid otomotif, top speed kawasaki Ninja ZXRR 150 tembus 196km/jam , lawannya waktu itu Honda tiger revo. kedua motor dlm keadaan standar. yg ngetes kedua motor tsb pihak kru majalah tabloid otomotif.Honda tiger di buat bertekuk lutut. waktu itu top speed tiger tsb cuma mentok 150km/jam an. kedua motor tsb masih dlm kondisi baru.
BalasHapus-Seandainya saja Honda NSR150SP di ''bangkitkan'' lagi, dia akan jd lawan yg seimbang buat ZXRR150
adhu...susa bro...rr still the fastest motorcycle in indonesia....
BalasHapusapalagi kalo diadu sama satria FU n sma2 satndart...
udah bisa di pastikan...Fu kalah jauh dari start sampe seterusnya...
ninja 250r standart ajah susa buat nyaingin rr...
teknologi rr SUPERKIPS ny ithu yg bkin motor makin ngacir...(sumpe bro...ane aje ampir standing bawa rr...tarikan nya gila bangt)
sekarang bandingin ajah bro...
gigi 1 satria FU mentok di 50 kpj...itupun rpm udah mentok 12000..
kalo rr gigi 1 nya bisa sampe 70 kpj...RPM nya belom mentok2 banget...gigi 2 udah lwat 100 kpj..
kalo FU udah gigi 4...rr masih gigi 2 kali...
tmen gw punya rr standart...bisa melaju 180kpj masih gigi 5 loohh....bro bayangin sendiri gigi 6 nya bisa sampe brapa kpj??...haha...
fu std vs ninja rr...
BalasHapusfu nya cari mati mas ... ya jelas ninja rr menang telak lah....
buat ninja rr..=
SPESIFIKASI :
Type Mesin : 2 Langkah, Crankcase Reed Valve, KIPS, RIS
Diameter x Langkah : 59.0 x 54,4 mm
Jumlah & Isi Silinder : Satu Buah & 148 cc
Perbandingan Kompresi : 7,2 : 1
Daya Maksimum : 22,1 KW (30 PS)/ 10.500 rpm
Torsi Maksimum : 2,2 kgfm/9000 rpm
Karburator : Mikuni VM 28
Sistem starter : Kick starter
Jumlah Transmisi : 6 Tingkat Kecepatan, constant mesh, return shift
Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-5-6
Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
Kopling : Wet Multi Disk
Tipe Sistem Final Drive : Chain drive
Rasio Reduksi : 2.785 (39/14)
Drive Ratio Keseluruhan : 7.7836 @ Top Gear
Sistem Pengapian : CDI
Sistem Pelumasan : Oil Injection
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air/Radiator
Sistem Penyaringan Oli : -
Kapasitas Pelumas Mesin : 1,2 Liter
Kapasitas Pelumas Transmisi : 0,87 Liter
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 11,5 Liter
Busi : NGK B 9 ECS
Panjang x Lebar x Tinggi : 1.965 x 725 x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.300 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 131 mm
Tinggi Tempat Duduk : 780 mm
Berat Kosong : 124,5 Kg
Tipe Rangka : Double Cradle Frame
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Monoshock suspension
Ukuran Ban Depan : 90/90 - 17" 49S
Ukuran Ban Belakang : 110/80 - 17" 57S
Rem Depan : Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Cakram Twin Pot
Pelek Roda : Cast Wheel Aluminium Aloy
buat suzuki satria....fu
SPESIFIKASI :
MESIN
Jenis : 4-Tak, DOHC, Berpendingin Udara SACS, 4-Katup
Jumlah Silinder : 1 (satu)
Diameter Silinder : 62,0 mm
Langkah Piston : 48,8 mm
Isi Silinder : 147 cc
Perbandingan Kompresi : 10,2 : 1
Daya Maksimum : 11,7 ps / 9.500 rpm
Torsi Maksimum 12,4 Kgm/8500 rpm
Karburator : Mikuni BS 26 - 187
Saringan Udara : Jenis Kertas
Sistem Starter : Kaki & Listrik
Sistem Pelumasan : Perendaman Oli
DIMENSI & BERAT
Panjang Keseluruhan : 1.945 mm
Lebar Keseluruhan : 650 mm
Tinggi keseluruhan : 980 mm
Jarak Antara As Roda : 1.280 mm
Jarak Mesin Ke Tanah : 140 mm
Tinggi Tempat Duduk : 764 mm
Berat Kosong : 106 kg
RANGKA
Suspensi Depan : Teleskopik, Bantalan Oli
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Bantalan Oli
Sudut Kemudi : 45° (kiri dan kanan)
Radius Putar : 2,0 m
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Cakram
Ukuran Roda Depan : 70/90 - 17 38P
Ukuran Roda Belakang : 80/90 - 17 44P
KELISTRIKAN
Sistem Pengapian : CDI
Busi : NGK CR8E or DENSO U24ESR-N
Accu : 12V 2,5 Ah 10 HR
KAPASITAS
Tangki Bahan Bakar : 4,9 Liter
Oli Mesin : 1.000 ml
Dengan Penggantian Saringan Oli : 1.100 ml
TRANSMISI
Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
Transmisi : 6 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi : 1 ke bawah, 5 ke atas
Rantai Penggerak : DID 428 DS, 122 mata
pkoknya katanya :
BalasHapusFU _165km/jam
RR _210km/jam
Gan ini saya mau tanya, gmna cara raiyen ninja rr 150 super kips???
BalasHapusbagaimana cara ngrawat super kips nya, apakah perlu perlakuan khusus dibanding motor lainnya??
Terimakasih Sebelumnya Merepotkan!!!
Sering" geber aja gas nya bro di atas 7000 rpm nya,biar main tuh superkip biar tak macet
HapusKalau ninja rr new cdinya pakai kode brpa boss ninja rr 150 super kipz
Hapusw masi bingung ne gan, ente tau ga sebenernya perbandingan kopresi ninja 150 rr tu yang bener berapa si, cos artikel beda2 nulisnya
BalasHapusKalo di adu menang ninja super kips atau kiss gan?mohon penjelasannya gan😁
BalasHapussuper kips the best
BalasHapushttps://www.masteripa.com/2019/10/kelebihan-menggunakan-kredit-tanpa.html