Minggu, 17 Juli 2011

Apa perbedaan ninja 150r dan 150rr 2010 selain fairing ?

Apa perbedaan ninja 150r dan 150rr 2010 selain fairing ?

padahalkan cuma beda fairing, ko' harga barunya jauh banget ?

Jawaban Terbaik - Dipilih oleh Suara Terbanyak

Tidak cuma berbeda dari segi penggunaan fairing. Tapi Ninja 150 RR punya teknologi yang lebih advance dari pada Ninja 150 biasa.

Teknologi itu adalah Super KIPS. Yang kerjanya adalah mengatur pembuangan gas buang yang keluar dari ruang bakar sedemikian hingga membuat peforma lebih baik namun efisiensi lebih tinggi.

Jadi secara teknis, Ninja 150 RR itu lebih bertenaga dari pada Ninja 150 biasa, tapi efisiensi dan konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

Terkait, apa itu Super KIPS pada Ninja 150 RR, coba anda baca ulasan di bawah ini :

- - - - - -

Saya kutip dari jawaban saya di pertanyaan "Apa perbedaan mesin ninja kips dan super kips?"

Ditanyakan oleh user "Yassar"

Di link berikut : http://id.answers.yahoo.com/question/ind…

Berikut ulasannya :

"Setahu saya yang ada itu Ninja reguler (tanpa label KIPS ataupun SUPERKIPS) dan Ninja SUPERKIPS.

Jadi tidak ada Ninja yang KIPS saja. Adanya Reguler lalu kemudian SUPERKIPS.

Terlepas dari tipe-tipe Ninja 2-tak yang cukup banyak, kalau tidak salah sekarang ga cuma NInja RR saja yang sudah SUPERKIPS, tapi ada varian Ninja yang tidak berfairing tapi juga sudah dibekali SUPERKIPS (Kalau jaman dahulu cuma Ninja RR saja yang berteknologi SUPERKIPS).

Kalau Ninja reguler, dia kerja mesinnya benar-benar seperti mesin 2-tak konvensional. Yaitu, saat langkah ekspansi terjadi proses pendorongan piston oleh hasil pembakaran sekaligus menghisap campuran bahan bakar, udara, dan oli. Sedangkan saat langkah kompresi, terjadi proses buang gas sisa pembakaran sekaligus mengkompresi campuran bahan bakar, udara, dan oli yang dihisap sebelumnya.

Sedangkan pada Ninja SUPERKIPS, sebenarnya masih sama seperti Ninja reguler, hanya saja ada penambahan teknologi buka tutup saluran gas buang di daerah kepala silinder. Sistem buka tutup tersebut menggunakan plat yang bisa bergeser-geser tergantung putaran dari mesin. Saat putaran mesin rendah, plat tadi akan cenderung menutup laju alir gas buang yang menyebabkan kelemahan motor 2-tak yang banyak sekali sisa bahan bakar yang tidak terbakar ketika putaran mesin rendah menjadi dikembalikan lagi ke ruang bakar untuk kembali dibakar saat proses pembakaran. Sedangkan saat putaran tinggi, mesin 2-tak sudah cukup baik dalam pembakarannya, sehingga plat SUPERKIPS tadi cenderung membuka. Jadi akan terus bergerak sesuai putaran mesin, semakin rendah RPM maka plat tadi akan semakin menutup, sedangkan pada RPM semakin tinggi akan semakin membuka.

Hasil dari kerja SUPERKIPS ini menyebabkan karakter mesin 2-tak yang cenderung tidak efisien menjadi lebih efisien. Yang akan dirasakan oleh pengendara adalah kendaraan akan mumpuni mulai dari putaran bawah hingga atas. Jadi putaran bawah tetap responsif tapi irit bahan bakar, namun ketika sudah putaran tinggi udara diloskan dan memang tujuannya menggapai kecepatan yang optimal serta terbayar konsumsi bahan bakar yang banyak. Kalau tanpa SUPERKIPS motor akan tetap boros mulai dari putaran atas atau bawah, pun tenaga yang dihasilkan tidak sebaik saat sudah menggunakan SUPERKIPS (Karena SUPERKIPS mampu mengendalikan gas buang).

Jadi analoginya gini, pada motor konvensional, anda butuh ganti knalpot yang lebih los pembuangannya untuk menggapai top speed, namun tarikan awal akan kacau. Sedangkan untuk tarikan awal, justru lebih terasa enak menggunakan knalpot yang reguler. Pada SUPERKIPS, hal tersebut dikendalikan secara otomatis, ketika putaran bawah pembuangan akan terasa seperti tertahan sehingga tarikan awal sangat baik, sedangkan pada putaran tinggi pembuangan akan terasa los sehingga penggapaian kecepatan maksimum bisa lebih optimal.

Namun kekurangan dari SUPERKIPS adalah segi perawatannya. Bengkel konvensional biasanya kurang memperhatikan sektor ini, alhasil tidak jarang ada kasus SUPERKIPS menjadi macet dan nyantol. Kalau nyantolnya di posisi buka, maka akan membuat peforma di putaran atas jadi kacau, sebaliknya bila nyantol di posisi buka, maka peforma di putaran bawah jadi kacau. Jadi ada kelebihan tentu saja harus dilakukan perawatan yang lebih advance supaya kelebihan itu tetap terjaga kondisinya."

- - - - -

Karena itulah Ninja 150 RR jauh lebih mahal dari Ninja 150 biasa. Selain harga tersebut terbayar untuk aerodinamika yang lebih baik karena menggunakan fairing, juga terbayar untuk teknologi Super KIPS yang membuat Ninja 150 RR lebih bertenaga namun lebih efisien kerja mesinnya. Ditambah lagi klaim dari Kawasaki bahwa konstruksi dari Ninja 150 RR lebih baik dari pada Ninja 150 reguler, tampilan yang lebih baik (keren), seperti speedometer yang berbeda dan lebih bagus dari pada varian lainnya, sudah double disc-brake, bervelg racing, lalu dari segi dalaman, dll yang membuat memang pantas Ninja RR jauh lebih mahal dari pada Ninja biasa.

Setahu saya demikian, semoga membantu :)

materi referensi:

Website resmi Kawasaki Indonesia : http://www.kawasaki-motor.co.id/

Tanggapan terkait jawaban di bawah :

1. Karburator seluruh varian Ninja 150cc 2 tak sekarang menggunakan karburator Mikuni VM 28 semua (jadi tidak ada perbedaan).

2. Rasio kompresi seluruh varian Ninja 150cc 2 tak sekarang 6,8:1 (jadi tidak ada perbedaan).

3. Setelah saya cek ke website resminya, ternyata memang benar bahwa seluruh varian Ninja 150cc 2 tak sudah mengaplikasikan teknologi Super KIPS (Super Kawasaki Integrated Power System). Jadi bisa dikatakan bahwa beda harga Ninja 150 RR dan Ninja 150 biasa ternyata murni dari beda konstruksi rangka, velg, fairing, speedometer, dll. Hal ini sekaligus sebagai ralat jawaban saya di atas yang mengatakan bahwa hanya Ninja RR saja yang menggunakan Super KIPS.

11 komentar:

  1. Tidak bisa bro

    Fu dgn spek 150cc 4tak
    RR 150cc 2tak

    Kelebihan FU sbg mtr 4 tak adalah DOHC, bobot ringan, kompresi gede, plus ada oil cooler
    Oleh karena itu untuk 4 tak dia sudah lbh cepat dari tiger, bahkan CBR 150 jg bkal kewalahan alias dilibas kalau d adu d track pendek

    Nah sekarang Ninja RR
    Motor 2 tak yg sampai sekarang teknologinya terus d kembangkan
    Sudah 2 tak, dilengkapi Super Kips pula. Bener2 mantep soal speed.
    Pendinginnya pun sudah memakai radiator air


    Jadi kalau FU lawan RR sudah jelas menang RR, apalagi kalau superkips nya ga ngadat. Wah bkal jauh bgt.


    Perkiraan gw topspeed mereka kalo pake spido KOSO (d gber ampe mentok bgt)
    Satria FU 135kpj
    Ninja RR 170kpj

    BalasHapus
  2. Pernah baca di tabloid otomotif, top speed kawasaki Ninja ZXRR 150 tembus 196km/jam , lawannya waktu itu Honda tiger revo. kedua motor dlm keadaan standar. yg ngetes kedua motor tsb pihak kru majalah tabloid otomotif.Honda tiger di buat bertekuk lutut. waktu itu top speed tiger tsb cuma mentok 150km/jam an. kedua motor tsb masih dlm kondisi baru.
    -Seandainya saja Honda NSR150SP di ''bangkitkan'' lagi, dia akan jd lawan yg seimbang buat ZXRR150

    BalasHapus
  3. adhu...susa bro...rr still the fastest motorcycle in indonesia....
    apalagi kalo diadu sama satria FU n sma2 satndart...
    udah bisa di pastikan...Fu kalah jauh dari start sampe seterusnya...
    ninja 250r standart ajah susa buat nyaingin rr...
    teknologi rr SUPERKIPS ny ithu yg bkin motor makin ngacir...(sumpe bro...ane aje ampir standing bawa rr...tarikan nya gila bangt)

    sekarang bandingin ajah bro...
    gigi 1 satria FU mentok di 50 kpj...itupun rpm udah mentok 12000..
    kalo rr gigi 1 nya bisa sampe 70 kpj...RPM nya belom mentok2 banget...gigi 2 udah lwat 100 kpj..
    kalo FU udah gigi 4...rr masih gigi 2 kali...
    tmen gw punya rr standart...bisa melaju 180kpj masih gigi 5 loohh....bro bayangin sendiri gigi 6 nya bisa sampe brapa kpj??...haha...

    BalasHapus
  4. fu std vs ninja rr...

    fu nya cari mati mas ... ya jelas ninja rr menang telak lah....

    buat ninja rr..=
    SPESIFIKASI :

    Type Mesin : 2 Langkah, Crankcase Reed Valve, KIPS, RIS
    Diameter x Langkah : 59.0 x 54,4 mm
    Jumlah & Isi Silinder : Satu Buah & 148 cc
    Perbandingan Kompresi : 7,2 : 1
    Daya Maksimum : 22,1 KW (30 PS)/ 10.500 rpm
    Torsi Maksimum : 2,2 kgfm/9000 rpm
    Karburator : Mikuni VM 28
    Sistem starter : Kick starter
    Jumlah Transmisi : 6 Tingkat Kecepatan, constant mesh, return shift
    Pola Pengoperan Gigi : N-1-2-3-4-5-6
    Tipe Sistem Reduksi Primer : Gear
    Kopling : Wet Multi Disk
    Tipe Sistem Final Drive : Chain drive
    Rasio Reduksi : 2.785 (39/14)
    Drive Ratio Keseluruhan : 7.7836 @ Top Gear
    Sistem Pengapian : CDI
    Sistem Pelumasan : Oil Injection
    Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air/Radiator
    Sistem Penyaringan Oli : -
    Kapasitas Pelumas Mesin : 1,2 Liter
    Kapasitas Pelumas Transmisi : 0,87 Liter
    Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 11,5 Liter
    Busi : NGK B 9 ECS
    Panjang x Lebar x Tinggi : 1.965 x 725 x 1.075 mm
    Jarak Sumbu Roda : 1.300 mm
    Jarak Terendah ke Tanah : 131 mm
    Tinggi Tempat Duduk : 780 mm
    Berat Kosong : 124,5 Kg
    Tipe Rangka : Double Cradle Frame
    Suspensi Depan : Teleskopik
    Suspensi Belakang : Monoshock suspension
    Ukuran Ban Depan : 90/90 - 17" 49S
    Ukuran Ban Belakang : 110/80 - 17" 57S
    Rem Depan : Cakram Twin Pot
    Rem Belakang : Cakram Twin Pot
    Pelek Roda : Cast Wheel Aluminium Aloy

    buat suzuki satria....fu

    SPESIFIKASI :
    MESIN
    Jenis : 4-Tak, DOHC, Berpendingin Udara SACS, 4-Katup
    Jumlah Silinder : 1 (satu)
    Diameter Silinder : 62,0 mm
    Langkah Piston : 48,8 mm
    Isi Silinder : 147 cc
    Perbandingan Kompresi : 10,2 : 1
    Daya Maksimum : 11,7 ps / 9.500 rpm
    Torsi Maksimum 12,4 Kgm/8500 rpm
    Karburator : Mikuni BS 26 - 187
    Saringan Udara : Jenis Kertas
    Sistem Starter : Kaki & Listrik
    Sistem Pelumasan : Perendaman Oli

    DIMENSI & BERAT

    Panjang Keseluruhan : 1.945 mm
    Lebar Keseluruhan : 650 mm
    Tinggi keseluruhan : 980 mm
    Jarak Antara As Roda : 1.280 mm
    Jarak Mesin Ke Tanah : 140 mm
    Tinggi Tempat Duduk : 764 mm
    Berat Kosong : 106 kg

    RANGKA

    Suspensi Depan : Teleskopik, Bantalan Oli
    Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Bantalan Oli
    Sudut Kemudi : 45° (kiri dan kanan)
    Radius Putar : 2,0 m
    Rem Depan : Cakram
    Rem Belakang : Cakram
    Ukuran Roda Depan : 70/90 - 17 38P
    Ukuran Roda Belakang : 80/90 - 17 44P

    KELISTRIKAN

    Sistem Pengapian : CDI
    Busi : NGK CR8E or DENSO U24ESR-N
    Accu : 12V 2,5 Ah 10 HR

    KAPASITAS

    Tangki Bahan Bakar : 4,9 Liter
    Oli Mesin : 1.000 ml
    Dengan Penggantian Saringan Oli : 1.100 ml

    TRANSMISI
    Kopling : Manual plat majemuk tipe basah
    Transmisi : 6 Percepatan
    Arah Perpindahan Gigi : 1 ke bawah, 5 ke atas
    Rantai Penggerak : DID 428 DS, 122 mata

    BalasHapus
  5. pkoknya katanya :
    FU _165km/jam
    RR _210km/jam

    BalasHapus
  6. Gan ini saya mau tanya, gmna cara raiyen ninja rr 150 super kips???

    bagaimana cara ngrawat super kips nya, apakah perlu perlakuan khusus dibanding motor lainnya??

    Terimakasih Sebelumnya Merepotkan!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering" geber aja gas nya bro di atas 7000 rpm nya,biar main tuh superkip biar tak macet

      Hapus
    2. Kalau ninja rr new cdinya pakai kode brpa boss ninja rr 150 super kipz

      Hapus
  7. w masi bingung ne gan, ente tau ga sebenernya perbandingan kopresi ninja 150 rr tu yang bener berapa si, cos artikel beda2 nulisnya

    BalasHapus
  8. Kalo di adu menang ninja super kips atau kiss gan?mohon penjelasannya gan😁

    BalasHapus